welcome to arrin's blog

^^terima kasih udah datang ke blog saya, maaf kalau isinya tak seindah yang anda semua harapkan.
jangan lupa tinggalkan komentar di bog ini, dan jadilah anggotanya.. :)^^
Sabtu, 14 Januari 2012

Sejarah Internet


Internet 


internet (interconnected networking) interconnected/connected berarti hubungan dan networking/network berarti jaringan. Jadi, internet didefinisikan gabungan jaringan computer di seluruh dunia yang saling terhubung membentuk  suatu jaringan informasi/komunikasi global.
Dunia internet terkadang dikenal dengan dunia cyber yaitu, seseorang dapat dimungkinkan untuk memalsukan indentitasnya dalam berkomunikasi dengan pengguna internet yang lainnya. Jika begitu, kita patut waspada ketika memasuki dunia ini, karena disamping kenyamanan yang diberikan tidak bisa dipungkiri juga bahwa internet dapat menjadi media untuk melakukan hal-hal kejahatan/criminal.



sejarah internet :

- Dimulai pada tahun 1969, saat itu Departemen Pertahanan Amerika mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan antar komputer sehingga membentuk jaringan, program tersebut dikenal dengan nama ARPAnet (Advance Research Project Agency)
- Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan email buatannya untuk ARPAnet, dan ikon @ (at atau pada) juga diperkenalkan pada tahun yang sama.
- Tahun 1973 Jaringan ARPAnet dikembangkan ke luar Amerika
- Tahun 1982 TCP IP (Transmission Control Protocol Internet Protocol) dibentuk karena semakin lama jaringan komputer semakin banyak bermunculan dan di butuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan.
- Tahun 1984 di bentuk DNS (Domain Name Sistem) karena untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer.
- Tahun 1988 diperkenalkan IRC (Internet Relay Chat)
- Tahun 1990, merupakan tahun yang bersejarah karena Tim Berners Lee menemukan program WWW (world wide web) yang bias menjelajah antara satu komputer ke komputer lainnya melalui browser
- Tahun 1994 muncul banyak situs diantaranya situs virtual shopping atau commerce (e-retail), pada tahun yang sama muncul yahoo! Dan Netscape Navigator versi 1.0 sebagai browser
- Pada awal munculnya internet, banyak didominasi oleh kalangan militer dan perguruan tinggi (peneliti di
universitas)
Istilah internet sendiri dikemukakan sekitar tahun 1983 yang ditemukan protocol TCP/IP (transmission control Protocol/internet protocol) yang memberikan bantuan besar terhadap perkembangan jaringan internet. Protocol TCP/IP mampu menyatukan beberapa system yang berbeda. Selain protocol TCP/IP teknologo WWW (World Wibe Wab) jaga sangat membantu terhadap penggunaan internet.  

Awal  internet di indonesia

       Menurut wikipedia, Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

1 komentar:

Mikarrinthiky05z mengatakan...

terima kasih atas informasinya :)

Posting Komentar

 
;