welcome to arrin's blog

^^terima kasih udah datang ke blog saya, maaf kalau isinya tak seindah yang anda semua harapkan.
jangan lupa tinggalkan komentar di bog ini, dan jadilah anggotanya.. :)^^
Sabtu, 14 Januari 2012

Sejarah komputer



Komputer 

Computer berasal dari bahasa latin (computare) ataupun dalam bahasa inggris (to compute) yang berarti menghitung, dan setiap mesin yang dapat menerima, memproses, menyimpan, dan menghasilkan data berupa teks, angka, gambar, suara, dan video atau animasi dapat disebut sebagai computer. Pada dasarnya, computer terdiri dari beberapa perangkat. Yaitu, perangkat keras(hardware), perangkat lunak (software), dan orang yang mengoperasikan computer (brainware). Computer dapat diartikan sebagai seperangkat mesin elektronik yang saling bekerjasama untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan berdasarkan urutan tertentu, yaitu pemasukan data (input), pengolahan data(process), dan menghasilkan data (output) yang semuanya terkoordinasi di bawah control program yang tersimpan di memorinya. Bila salah satu perangkat tak bekerja sesuai fungsinya maka suatu computer tersebut tak bisa dijalankan dengan baik


Sejarah Komputer 
Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu dalam perhitungan dan pengolahan data supaya mendapatkan hasil yang lebih cepat dan akurat. Computer yang sering kita gunakan selama ini adalah computer yang melalui evolusi panjang dari penemuan-penemuan dari para manusia/ilmuan yang berupa mekanik atau elektronik. Computer dari dahulu hingga tahun-tahun berikutnya selalu  mengalami masa perubahan. Saat ini computer dan pendukungnya telah masuk dapam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Bahkan, banyak orang mempunyai computer untuk membantu pekerjaannya sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Computer yang kita sekarang gunakan bahkan bukan hanya memiliki kemampuan matematik, lebih dari sekedar alat hitung, computer dapat melakukan hal-hal yang lebih rumit dari yang kita bayangkan. Diantaranya adalah system computer di kassa tempat perbelanjaan yang mampu membaca kode barang belanjaan (barcode) , sentral telephon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan computer dan internet yang menghubungkan berbagai computer/ jaringan computer di seluruh penjuru dunia.
Penjelasan tentang computer, sejarah, dan penemunya(ilmuan), ikutilah penjelasan berikut ini:
©   1642, Blaise pascal membuat alat hitung yang ia beri mana pascaline. Alat ini berbentuk kotak persegi dengan menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini hanya dapat digunakan untuk penjumlahan.
©   1694, gottfred wilhem von liebniz yang seorang ahli matika dan filsuf dari jerman, memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan perhitungan bukan hanya penjumlahan, melainkan dapat pula perkalian.
©   1834, Charles babbage mendesain mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Difference engine. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program, melakukan karkulasi (perhitungan), serta mencetak hasilnya secara otomatis.
©   1940, john atanasoff dan cifford berry membuat computer elektrik pertama yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George boole (1815-1864) berupa system biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan bahwa benar atau salah. Kondisi benar atau salah diaplikasikan ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung atau terputus.
©   1943, pihak inggris menyelesaikan pembuatan computer yang dinamakan colossus. Computer ini digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh jerman. Pembuatan colossus tidak terlalu berdampak pada perkembangan industry computer karena colossus bukan computer serbaguna.
©   1945, pemerintah amerika serikat dan universitas Pennsylvania bekerjasama mengembangkan computer serbaguna yang disebut ENIAC (Elektronik Numberical Intergrator And Computer). ENIAC berbentuk mesin yang sangat besar yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 5 juta titik solder, dan mengkonsumsi daya listrik sebesar 160 kW. Computer ini dirancang oleh john presper Eckert dan john w. mauchly.
©   1951, Remington rand berhasil membuat UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1). Computer ini menjadi computer komersial pertama, badan sensus amerika serikat dan general elektrik memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden pada tahun 1952. 

komputer canggih ---->


1 komentar:

Posting Komentar

 
;