welcome to arrin's blog

^^terima kasih udah datang ke blog saya, maaf kalau isinya tak seindah yang anda semua harapkan.
jangan lupa tinggalkan komentar di bog ini, dan jadilah anggotanya.. :)^^
Selasa, 20 Maret 2012

seputar kesehatan~ jambu monyet kaya manfaat, waw~

JAMBU MONYET

Jambu monyet bukan berarti jambunya mirip monyet, tapi dikatakan jambu monyet karena pohon jambu ini memiliki buah kecil yang sering disebut mete (mende) yang bergelayut dibagian bawah buah pohon ini.

Jambu mete memiliki nama latin Anacardium occidentale, linn. Di Inggris jambu mete disebut Cashew. Sedangkan di Indonesia disebut jambu mente, khusus orang Jawa menyebutnya “jambu Mete atau jambu mede” . dan di Lampung terkenal dengan “gaju”.

Pohon jambu monyet merupakan tumbuhan dikotil. Batang pohonnya tidak rata dan berwarna coklat tua. Bunganya berwarna putih. Buahnya berdaging lunak, berair, dan berwarba kuning kemerahan. Buah monyet ini merupakan buah semu karena sebenarnya buah ini merupakan tangkai buah yang membesar. Buah sebenarnya dari pohon jambu adalah yang sering disebut sebagai mete atau mende atau mente. Diamana buah mete ini adalah buah batu yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan biji berkeping dua.

Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, kalori protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air.

Selain buahnya bisa dijadikan cemilan pohon jambu ini sangat bermanfaat untuk megobati berbagai penyakit. Daunnya yang berbau aromatik, rasaya kelat, memiliki khasiat anti radang dan penurunan kadar glukosa darah. Tangkai daunny berfungsi sebagai pengelat. Bijinya berkhasiat sebagai pelembut kulit dan penghilang rasa nyeri (analgesik).Akarnya bermanfaat sebagai pencahar (laksatif). Kulit kayunya berbau tanah, rasanya kelat dana lama kelamaan menimbulkan rasa tebal di lidah. Khasiatnya sebagai pencahar, astringen dan memacu aktivitas enzim pencernaan.
Selain bijinya, kayu pohon Jambu Monyet juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, peralatan rumah tangga dan kerajinan tangan. Daun mudanya dapat dijadikan lalapan (baik mentah maupun dikukus terlebih dahulu). Buah semu nya juga dapat langsung dimakan sebagai bahan rujak atau minuman. Kulit bijinya juga dapat diolah menjadi bahan pelumas, insektisida, pernis, dan plastik. Namun, kita harus berhati-hati dengan cairan kulit bijinya, karena mengandung Cashew Nut Shell Liquid (CNSL),
Selain itu Berikut adalah khasit jambu mete terhadap penyembuhan berbagai penyakit :
·  Sembelit (Kulit kayu),
·  Kencing Manis (kulit kayu),
·  Radang Tenggorokan (daging buah jambu monyet),
·  Sariawan (Daun muda),
·  Rematik/Tekanan darah tinggi (Daun jambu),
·  Digigit ular berbisa (1 buah jambu mede utuh),
·  Sakit gigi (biji mede).
·  Disentri
Yaitu dengan cara: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang
jambu monyet, kedua bahan tersebut direbus bersama dengan ½
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil
airnya. Dapat diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
·  Diabetes Melitus
Yaitu dengan cara 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras
Secukupnya, kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil
airnya. dapat diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
·  Radang Mulut
Yaitu dengan cara 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang
jambu monyet, kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil
airnya. dapat diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;